Pengembangan Kurikulum
  • Kurikulum   ( 1 Articles )

     

    PENGEMBNGAN KURIKULUM PAI DI UNISBA
    Oleh : Prof.Dr.Hj.Mulyani Sumantri, M.Sc.

    Pengantar
    Pengembangan kurikulum PAI di Unisba perlu mempertimbangkan kaidah-kaidah yaitu landasan-landasan yang kokoh dan komponen-komponen yang merupakan bagian dari kurikulum.

    A. LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
    Pengembangan kurikulum memerlukan :
    Landasan Filosofis
    Landasan Psikologis
    Landasan Sosiologis
    Landasan IPTEKS

    LANDASAN FILOSOFIS
    Filsafat berupaya mengkaji berbagai permasalahan yang dihadapi manusia, termasuk masalah pendidikan. Filsafat pendidikan pada dasarnya adalah penerapan dari pemikiran-pemikiran filosofis untuk memecahkan masalah – masalah pendidikan.    Filsafat akan menentukan   ke arah mana perserta didik akan dibawa.  Filsafat merupakan perangkat nilai-nilai yang melandasi dan membimbing ke arah pencapaian tujuan pendidikan.

    LANDASAN PSIKOLOGIS
    Kurikulum harus dilandasi oleh psikologi sebagai acuan dalam menentukan apa dan bagaimana perilaku peserta didik itu harus dikembangkan.  Karakteristik perilaku setiap individu padaberbagai tingkatan perkembangan  merupakan kajian  dari ppsikologi perkembangan. Oleh karena itu, dalam pengembangan kurikulum  landasan psikologi mutlak harus dijadikan dasar .  Perkembagan-perkembangan  yang dialami oleh peserta didik pada umumnya diperoleh melalui proses belajar.

    LANDASAN SOSIOLOGIS
    Pendidikan  adalah proses buday untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia.  Pendidikan adalah proses sosialisasi melalui 8interaksi insani  menuju manusia yang berbudaya.   Dalam konteks  inilah mahasiswa dihadapkan dengan budaya manusia, dibina dan dikembangkan  sesuai dengan nilai budayanya,  serta dipupuk kemampuan dirinya menjadi manusia.

    LANDASAN IPTEKS
    Teknologi adalah aplikasi dari ilmu pengetahuan untuk memecahkan  masalah-masalah praktis.  Ilmu dan  teknologi  tidak bisa dipisahkan dan selalu berkembang dengan pesat seiring lajunya perkembangan masyarakat.  Pendidikan merupakan upaya menyiapkan mahasiswa  menghadapi  masa depan  dan perubahan masyarakat, maka pengembangan kurikulum haruslah berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Seni merupakan hal yang penting yang dapat memperhalus budi pekerti.

    B. KOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM
         Kurikulum merupakan suatu sistem yang memiliki komponen-komponen tertentu 
    1. Komponen Tujuan.    
    Tujuan pendidikan memiliki klasifikasi berjenjang : Tujuan pendidikan nasional,  tujuan institusional, tujuan kurikuler dan tujuan instruksional. Menurut Bloom,  ada tujuan afektif, kognitif dan psikomotor.
    2.  Komponen Isi / Materi Pelajaran  Isi kurikulum berhubungan dengan pengalaman belajar yang harus dimiliki mahasiswa.  Isi kurikulum menyangkut aspek pengetahuan atau materi pelajaran, maupun kegiatan mahasiswa.
    3.  Komponen Metode / Strategi  Komponen ini berhubungan dengan implementasi kurikulum dan cara penyampaian  materi. Mengingat kemampuan mahasiswa yang beragam, dosen dituntut dapat menyampaikan materi dengan metode yang berfariasi
    4. Komponen Evaluasi.Melalui evaluasi dapat ditentukan nilai dan arti kurikulum,      apakah suatu kurikulum dapat dipertahankan atau tidak.  Dengan evaluasi dapat ditentukan pula apakah tujuan yang direncanakan  sudah tercapai atau belum.

    TERIMA KASIH

RocketTheme Joomla Templates